SUNAT MUALAF SEMARANG
LAYANAN KHITAN DEWASA RUMAH SUNAT SEMARANG
081.565.29661

 

Mualaf berasal dari bahasa Arab yang berarti tunduk, menyerah, dan pasrah. Sedangkan, dalam pengertian Islam, mualaf digunakan untuk menunjuk seseorang yang baru masuk agama Islam. Tidak ada perbedaan mencolok dari dua pengertian tersebut.
Seseorang yang masuk Islam karena pilihan, tentunya telah mengalami pergulatan batin yang luar biasa dan pertimbangan yang matang. Dia harus menundukkan hatinya untuk dapat menerima dan meyakini kebenaran baru. Selanjutnya, dia harus mempertimbangkan aspek sosial ekonomi sebagai konsekuensi atas pilihannya itu.
Mungkin saja dia akan kehilangan pekerjaan. Atau, bisa jadi dia akan dikucilkan dari keluarga, bahkan diasingkan dari komunitas lamanya. Melihat betapa kompleksnya dampak pilihan ini, maka apabila dia tetap merasa yakin dengan kebenaran Islam, dia harus berserah diri dan pasrah dengan risiko apa pun.
Karena memang Islam dating untuk membawa manusia kepada penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang benar. Inti dari ajaran yang telah dibawa oleh sekian nabi dan rasul hanyalah ketauhidan itu. Untuk membawa manusia semua di bumi ini agar menyembah kepada Alloh SWT.
Mualaf adalah bagian dari penyebaran Islam yang memang harus dilakukan. Islam sejak diturunkan kepada Nabi Muhammad di kota Mekkah selalu disebarkan. Berawal dari Mekkah, keluar kota Mekkah, ke Madinah hingga ke seluruh bagian lain yang ada di dunia ini.
Islam secara alamiah memang butuh ntuk disebarkan. Madinah sebagai pusat kedudukan islam pada saat itu juga menjadi pusat penyebaran agama Islam. Islam disebarkan ke luar Madinah oleh kaum muslimin melalui utusannya.
Dalam penyebaran agama islam digunakan dua metode yaitu dakwah dan jiha. Dan dua metode ini menjadi sebuah metode tetap dalam Negara Islam di Madinah tersebut menjalankan politik luar negerinya. Jadi politik luar negeri yang dijalankan oleh negara Islam pada saat itu hanya untuk mencapai dua tujuan tersebut yaitu dakwah dan juga jihad.
Dakwah yang dijalankan adalah untuk menyebarkan agama Islam. Dakwah dimulai dengan pengiriman surat kepada semua pemimpin Negara lain. Di alam surat tersebut ada tawaran Nabi saw kepada seluruh pimpinan tersebut apakah mau menerima Islam atau hanya tunduk pada kepemimpinan Negara Islam pada saat itu.
Bagi yang mau menerima Islam maka secara otomatis Negara tersebut masuk ke dalam bagian dari Negara Islam Madinah. Dan akan dikirim utusan untuk mendakwahkan islam ke tempat tersebut. Utusan ini akan menerangkan bagaimana ajaran agama Islam, bagaimana penerapan hokum islam di Negara mereka.
Bagi Negara yang menolak untuk masuk islam maka akan diberikan tenggang waktu untuk sampai mau menerima dakwah etrsebut. Jika memang sampai pada tenggang waktu yang diberikan Negara atau daerah tersebut masih belum mau untuk menerima islam maka jalan kedua yang akan dipakai yaitu dengan jihad.
Jihad adalah perang. Namun jangan bayangkan bahwa perang yang ada pada saat penyebaran islam dulu sama dengan perang yang ada pada saat ini. Dimana perang pada saat ini banyak melibatkan masyarakat sipil yang tak berdosa atau bahkan tak mengerti sedikit pun tentang perang yang terjadi.
Perang yang dijalankan oleh kaum muslimin dahulu memiliki tujuan untuk menghilangkan hambatan fisik berupa institusi Negara yang melarang adanya dakwah Islam di daerah mereka.
Perang yang dijalankan terjadi hanya di medan perang tanpa adanya perusakan sarana umum. Perang dilarang untuk membunuh masyarakat sipil yang tak ikut perang seperti kaum wanita, orang tua dan juga anak-anak. Bahkan perang juga tak boleh samai merusak lingkungan atau pun tumbuhan yang ada. Karena memang ada tempat tersendiri dalam menjalankan perang tersebut.
Dengan dua jalan inilah dilakukan penyebaran islam keluar dari kota madinah. Dan karena itulah masyarakat di seluruh dunia saat ini mengenal islam dan tentunya ada yang memeluk agama Islam.
Setiap orang yang baru saja memeluk agama islam akan disebut dengan sebutan mualaf. Islam memberlakukan beberapa hal berbeda dan khusus bagi mualaf yang tak dilakukan kepada semua muslim yang lain.
Dalam Islam hitan atau sunat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh mualaf laki-laki. Ini bertujuan untuk menjalani fitrah atau kesucian manusia.
Meski sunat adalah kewajiban yang ada Islam, namun ditinjau dari sisi medis, ada banyak manfaat yang didapat dari melakukan sunat untuk kesehatan. Ini dia selengkapnya.
Melindungi dari infeksi kandung kemih
Penis yang masih memiliki kulup akan sulit dibersihkan pada bagian glans. Selain itu mudah terinfeksi akibat kotoran urine yang tersisa. Inilah yang menyebabkan bakteri mudah berkembang sehingga terjadi infeksi kandung kemih.
Lebih sensitive
Sunat akan membuat ujung kepala penis lebih sensitive saat lelaki berhubungan badan. Mereka yang tidak disunat sulit merasakan kenikmatan yang sama karena kulup kerap menyelimuti glans yang merupakan titik rangsang laki-laki.
Menghindari fimosis
Saat berhubungan badan, lelaki yang tidak disunat harus menarik kulupnya ke bawah setiap akan berhubungan badan. Beberapa lelaki kerap kesulitan menarik bagian itu karena kulup kerap memiliki lubang yang kecil sementara glans atau kepala penis semakin membesar (fimosis). Kebiasaan menarik dan mengembalikan kulup ini membuat penis mengalami balantis yang berupa radang.
Sehingga melakukan sunat bukan hanya karena anjuran agama tapi juga baik untuk kesehatan.
Islam mewajibkan khitan bagi Muslim pria yang sudah baligh.
Dream – Setiap Muslim tentu terkena kewajiban untuk melaksanakan ajaran Islam. Setiap fardu harus ditegakkan dalam kondisi apapun.
Beberapa kewajiban dalam Islam yaitu sholat, puasa, zakat, haji bagi yang mampu. Meninggalkan kewajiban tersebut, maka seseorang dikatakan telah melakukan dosa besar.
Selain itu, ada pula kewajiban untuk melaksanakan khitan. Fardu atas amalan ini berlaku bagi Muslim yang telah menginjak masa baligh.
Demikian pula dengan mualaf. Ketika mengucap syahadat, secara otomatis mereka menjadi mukalaf atau terkena kewajiban dalam Islam.
Sementara terkait khitan, apakah kewajiban ini juga berlaku kepada para mualaf pria?
Dikutip dari Bincang Syariah, khitan wajib bagi setiap Muslim pria. Kewajiban khitan berlaku bagi pria yang sudah akil baligh.
Khitan juga boleh dilakukan ketika masih anak-anak. Meskipun sebenarnya anak-anak belum terkena kewajiban ini.
Imam An Nawawi dalam kitab Al Majmu’ menegaskan hukum khitan adalah wajib. Meski begitu, terdapat beberapa ulama yang menyatakannya sebagai sunah.
” Bagi kami (ulama Syafi’iyah) khitan itu wajib bagi laki-laki dan perempuan. Demikian pula kebanyakan ulama salaf berpendapat. Hal itu disampaikan oleh Al Khathabi. Termasuk yang mewajibkan khitan adalah Imam Ahmad. Sedangkan Imam Malik dan Abu Hanifah berpendapat hukum khitan adalah sunnah bagi semuanya (laki-laki dan perempuan). Imam Rofi’i menuturkan pendapat lain bagi kita, pendapat ketiga bahwa khitan itu wajib bagi laki-laki dan sunah bagi perempuan.”
Untuk Mualaf
Sementara untuk mualaf, wajib khitan tetap berlaku. Dia harus tetap melaksanakan khitan meski sudah dewasa.
Namun demikian, patut diperhatikan khitan bukan penentu Islamnya seseorang. Syahadat seorang mualaf tetap sah.
Para ulama menyatakan jika mualaf ketakutan menjalankan khitan, kewajiban tersebut dapat ditunda lebih dulu. Meski sebenarnya dunia kedokteran saat ini sudah memungkinkan khitan tanpa rasa sakit yang sangat
Di rumah sunat semarang layanan khitan mualaf diidentikkan dengan sunat dewasa.

Kesadaran untuk melakukan khitan atau sirkumsisi kini tidak hanya untuk menjalankan perintah agama, tapi juga alasan kesehatan. Karena itu, makin banyak pria dewasa yang tertarik melakukan khitan.
Metode yang paling nyaman pada tindakan sunat dewasa atau sunat mualaf ini adalah dengan menggunakan metode stapler.
Sunat Metode Stapler adalah teknik khitan modern dengan teknologi terbaru menggunakan alat Disposable Circumcision Anastomat yang kemudian di dunia medis kedokteran dikenal dengan “Teknik Stapler”. Ada juga yang mengistilahkan dengan sunat teknik Behel. Merek dagang yang banyak beredar adalah ZSR dan Ryps.
Alat ini diciptakan berdasarkan konsep yang sama dengan stapler yang digunakan oleh dokter-dokter bedah untuk melakukan pembedahan penyakit wasir atau ambeien. Teknik jahitan menggunakan stapler ini telah lama digunakan dalam dunia kedokteran, terbukti “reliable” dan menjadi pilihan bagi dokter bedah.
Apa bila dibandingan dengan teknik atau metode sunat yang ada saat ini, diakui metode sunat stapler semarang memiliki keunggulan jika di bandingkan dengan teknik lainya terutama khitan konvensional,klamp dan laser. Berikut ini keunggulan metode Stapaler:
1. Alat Disposible
Perkembangan virus bakteri terus berkembang, begitu juga dalam tindakan khitan, maka dalam konsep khitan modern wajib menggunakan alat yang Disposible (sekali pakai) dalam tindakan khitanya sehingga resiko menularkan penyakit jauh lebih rendah.
2. Praktis
Penggunaan metode ini sangat praktis, hanya dalam hitungan detik langsung bisa memotong kulit dengan rapi. Tanpa perlu di jahit dan tidak ada alat yang menempel. Sehingga lebih nyaman, namun tetap aman.
3. Proses khitan lebih singkat 10 -15 menitan
Khitan menggunakan metode ini sangat singat. Karena tidak membutuhkan jahitan khusus untuk menyatukan kulit hanya memasang seal atau behel secara melingkar. Yang berfungsi sebagai pengganti jahitan sehingga mencegah pendarahan (hemostatic) dan mendekatkan kulit luar dan kulit dalam sehingga cepat menyatu dan cepat sembuh.
4. Hasil khitan Rapi dan Estetik
Hasil Khitan Stapler memang sangat rapi kerena menggunakan device khusus yang di buat sesuai dengan diameter ukuran penis. Tanpa membutuhkan jahitan sehingga luka menjadi cepat sembuh rapi dan kosmetik.
5. Penyembuhan luka lebih cepat
Penyembuhan luka khitan Stapler jauh lebih cepat karena minimal terjadinya edema (pembengkakan) dan pendarahan pada saat khitan minimal.
6. Minimal rasa sakit
Khitan Stapler minimal rasa sakit terutama saat pelepasan alat. Hanya cincin silikon dan perban, itu pun menggunakan perban khusus yang memudahkan saat di lepas.
7. Ideal Semua kelompok Usia Pasien
Khitan metode stapler ini cocok segala usia di lengkapi juga dengan berbagai ukuran yang di sesuaikan ukuran diameter penis pasien. Sehingga menghasilkan kualitas hasil khitan yang maksimal.
Proses khitan metode stapler semarng adalah pertama pengukuran diameter penis. Selanjutnya kepala zakar gland dimasukan kedalam corong “Plastibell” mengikuti ukuran yang telah di tentukan sebelumnya dan ini akan bertindak sebagai pelindung kepala zakar. Kemudian menentukan paras potongan kulup yang telah di marking sebelumnya. Proses selanjutnya cukup dengan sakali “firing” maka berlaku serentak penjepitan kulup, pemotongan kulup,pemasangan jahitan otomatis dengan stapler nail dan lapisan silikon tipis untuk menguatkan pegangan stapler nail. Setelah proses sunat selesai. Tempat potongan cuma di lapisi oleh lapisan silikon tipis yang di ikat dengan rapat dan kuat oleh “stapler nail”. Sehingga cukup memberikan kebebasan beraktifitas selepas bersunat.Rumah Sunat semarang melayani Khitan metode Stapler dewasa dan anak. Melayani juga pasien-pasien dari luar kota. Diantara adalah Sunat Metode Stapler ungaran, Sunat Metode Stapler kendal, Sunat Metode Stapler salatiga, Sunat Metode Stapler pekalongan, Sunat Metode Stapler Semarang, Sunat Metode Stapler kudus dan kota-kota lainya sekitar semarang. Silahkan konsultasi di No telp 081.565.29661 pendaftaran online bisa di www.sunatsemarang.com

Dikutip dari narasumber
– bincang syariah
– rumah sunat jogja
semarang, 11 mei 2020
dokter pras sunat
rumah sunat semarang
08156529661
www.sunatsemarang.com

Please follow and like us:

Leave a Comment