Sunat pada bayi laki-laki, keuntungan dan resikonya

Sunat pada bayi laki-laki, keuntungan dan resikonya.

Kasus Sunat pada bayi.

Beberapa bulan yang lalu ada berita seorang bayi berusia lima bulan di italia telah meninggal dunia, setelah orang tua melakukan tindakan menyunat anaknya di rumah.
berdasarkan berita dari BBC, bayi tersebut sempat di larikan ke rumah sakit, namun sayangnya nyawa bayi tersebut tidak tertolong, dari informasi orang tua bayi tersebut berasal dari ghana, dan kasusnya sedang di selidiki oleh polisi.


di italia ada sekitar 5000 praktek sunat di lakukan setiap tahunnya. dilaporkan AMSI bahwa lebih dari sepertiga dari 5000 praktek sunat dilakukan secara ilegal, jadi tidak bisa dipastikan keamanannya.
ada juga kasus desember lalu yang tejadi di roma, seorang anak laki-laki berusia dua tahun meninggal karena sunat.


Sunat.

Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis.
Sunat disebut sebagai prosedur tindakan medis yang relatif sederhana, namun tidak sepenuhnya bebas risiko. Biasanya dokter akan menyarankan bayi laki-laki disunat jika memiliki kulup sempit atau dikenal dengan fimosis. Orang dengan kondisi demikian akan mengalami infeksi berulang pada kulup dan penis, atau dikenal sebagai istilah balanitis.


Kapan Saatnya ?

Sebenarnya tidak ada patokah khusus untuk kapan saat nya anak di sunat, tergantung dari orang tua dan kesiapan dari anak itu sendiri. Tetapi yang lebih penting dari itu adalah dalam pemilihan metode sunat yang aman dan sesuai standar kesehatan bagi si bayi atau anak tersebut.


Beberapa orang tua menyunatkan anaknya yang baru lahir bukan karena dari keputusan medis, biasanya dari pertimbangan agama dan manfaat dari sunat itu sendiri, yaitu mencegah dari resiko infeksi saluran kemih, kanker penis, dan infeksi menular seksual.
banyak orang tua mempertimbangkan untuk menyunat anaknya saat masih bayi dengan alasan lebih cepat sembuh.

Sebenarnya sunat pada bayi luka akan cepat sembuh dengan sendirinya, hal ini karena pada usia tersebut bayi mengalami pertumbuhan dan peningkatan hormon secara cepat, usia bayi tidak mengalami trauma hal ini berbeda dengan anak mereka akan mengingat proses sunat sampai usia dewasa apalagi dalam proses sunat tersebut terjadi hal yang tidak mengenakan.

Metode apa yang cocok ?

Banyak metode sunat yang tersedia sekarang ini, mulai metode flash cauter (Istilah awam sunat laser), metode sunat klamp, metode sunat lem, metode sunat stapler dan metode sunat bipolar. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan tindakan sunat untuk menentukan metode sunat yang pas sunat pada bayi laki-laki.

Baca Juga Artikel : Tempat sunat bayi di semarang

Please follow and like us:

Leave a Comment