Sunat pada bayi laki-laki, keuntungan dan resikonya

FIMOSIS // ANAK NANGIS WAKTU BUANG AIR KECIL // KHITAN FIMOSIS SEMARANG 081.6699.761 // PIPIS SAKIT – 081-6699-761

Sunat pada bayi laki-laki, keuntungan dan resikonya

Fimosis atau Phimosis merupakan salah satu gangguan yang timbul pada organ kelamin bayi laki – laki. Keadaan dimana kulit kepala penis (preputium) melekat pada bagian kepala (glans) dan mengakibatkan tersumbatnya lubang di bagian air seni, sehingga bayi atau anak kesulitan dan kesakitan saat berkemih atau kencing. Kondisi ini memicu timbulnya infeksi kepala penis (balanitis). Jika keadaan ini dibiarkan dimana muara saluran kencing di ujung penis tersumbat maka dokter akan menyarankan untuk disunat atau dikhitan.
Fakta tentang Fimosis
Fimosis adalah keadaan kulit penis (preputium) melekat pada bagian kepala penis dan mengakibatkan tersumbatnya lubang saluran air kemih, sehingga bayi atau anak kesakitan saat berkemih. Sebenarnya yang berbahaya bukanlah fimosis sendiri, tetapi kemungkinan timbulnya infeksi pada uretra kanan dan kiri, kemudian ke ginjal. Infeksi ini dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal.
Fimosis bisa merupakan kelainan kongenital (bawaan sejak lahir) maupun didapat. Fimosis kongenital “true phimosis” terjadi apabila kulit preputium selalu melekat erat pada glans penis dan dapat ditarik ke belakang pada saat lahir. Namun seiring bertambahnya usia serta diproduksinya hormon dan faktor pertumbuhan terjadi proses keratinisasi lapisan epitel dan deskuamasi antara glans penis dan lapisan bagian dalam preputium sehingga akhirnya kulit preputium terpisah dari glan penis.
Etiologi (Penyebab) Fimosis
Fimosis pada bayi laki – laki yang baru lahir terjadi karena ruang diantara kulup penis tidak berkembang dengan baik. Kondisi ini menyebabkan kulup menjadi melekat pada kepala penis, sehingga sulit ditarik ke arah pangkal. Penyebabnya, bisa dari bawaan lahir atau didapat, misalnya karena infeksi atau benturan. Kelainan ini juga menyebabkan bayi atau anak sukar berkemih. Kadang – kadang begitu sukar sehingga kulit preputium menggelembung seperti balon disebut dengan istilah “fenomena ballooning”. Bayi atau anak sering menangis keras sebelum urin keluar. Keadaan demikian lebih baik segera “Dikhitan atau Disunat” yaitu membuang sebagian atau seluruh bagian kulit preputium.
Gejala Fimosis
Beberapa gejala dari fimosis antara lain :
1. Bayi atau anak sukar berkemih.
2. Kadang – kadang begitu sukar keluar sehingga menggelembung seperti balon.
3. Kulit penis tidak bisa ditarik ke arah pangkal.
4. Bayi atau anak sering menangis sebelum urine keluar atau air kemih tidak lancar.
5. Penis mengejang pada saat B.A.K.
6. Timbul infeksi.
Bila buah hati ayah bunda sudah memiliki gejala – gejala tersebut sebaiknya tetap dilakukan sunat atau khitan.
Rumah Sunat Semarang sebagai layanan sunat yang ada di Kota Semarang telah menangani banyak kasus dengan fenomena ballooning yang terjadi pada bayi maupun anak – anak. Karena kasus sunat fimosis adalah kasus yang agak rumit maka harus ditangani oleh tenaga medis yang profesional dan benar – benar berpengalaman untuk menyelesaikan masalah tersebut untuk mencegah terjadinya komplikasi ke penyakit saluran kencing yang lain.
Dari sekian kasus yang telah berkunjung ke Rumah Sunat Semarang memberikan pernyataan yang sama yaitu alasan tidak ‘tega pada buah hatinya apabila dilakukan tindakan pembedahan sederhana tersebut, karena fenomena balooning terjadi pada usia anak – anak bahkan pada usia bayi.
Rumah Sunat Semarang tempat sunat di Kota Semarang yang lebih tepatnya berada di jalan Nogososro No.34 Tlogosari Semarang sudah dipercaya oleh masyarakat di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya memberikan layanan sunat fimosis, sunat bayi, sunat anak, sunat dewasa, sunat gemuk, sunat autis, sunat perbaikan yang nyaman minim risiko dengan metode sunat modern. Metode sunat dengan inovasi – inovasi terbaru yang bisa ayah bunda pilih untuk kenyamanan buah hati Anda.
Jangan biarkan buah hati Anda mengalami timbulnya infeksi yang dapat menimbulkan kerusakan ginjal, silahkan berkunjung ke www.sunatsemarang.com.

Atau ke Alamat :
Rumah Sunat Semarang
Jln Nogososro No.34 Tlogosari Semarang
081 6699 761

www.sunatsemarang.com
www.sunatindonesia.com
www.infosunatsemarang.com
www.dokterpras.com
www.infokhitan.com

Please follow and like us:

Leave a Comment