SUNAT TAK SELALU KHITAN DOANG
SUNAT MODERN SEMARANG

 

SUNAT TAK SELALU KHITAN DOANG - RUMAH SUNAT SEMARANG

Dokter pras Rumah sunat semarang, jl nogososro 34 tlogosari 081.565.29661 semarang.
Sebuah tulisan yang menggelitik untuk dijadikan ajang diskusi.
Secara harfiah tidak ada beda antara sunat dengan khitan. Sama sunat ya khitan, khitan ya sunat.
Ternyata sunat itu tidak melulu khitan, dan khitan tidaklah hanya sebuah sunat. Ada banyak hal yang terkandung di dalam nya. Banyak hal yang tidak hanya sekedar “ doang “.
Secara teori sunat sama dengan khitan.. adalah menghilangkan atau memotong sebagian kecil ujung preputium atau ujung kulup yang bertujuan membersihkan area ujung gland dari smegma atau kotoran.
Dalam pandangan dilihat dari sudut ajaran agama islam, khitan atau sunat Selain sebagai sarana sahnya shalat juga sebagai kesehatan dan kebersihan, khitan dikatakannya juga bertujuan untuk menghilangkan najis dan mengislamkan seorang hamba secara kaffah. Seorang anak yang melaksanakan khitan maka setelah itu ibadah shalatnya menjadi sah dan najis yang terdapat dikemaluannya segera hilang karena qulub (ujung kemaluan) telah dipotong. Khitan secara etimologis ialah bentuk fiil madhi dari “khatana” yang memiliki makna memotong. Sedangkan secara terminologi menurut ulama fikih madzhab Syafi’i ialah memotong “kulfah”, kulit yang membungkus bagian ujung dzakar sehingga menjadi terbuka, khususnya bagi laki-laki. Lebih dari itu, khitan menurut pandangan agama islam hukumnya wajib baik bagi laki-laki. Secara medis khitan mampu menjaga higienitas kelamin, mengurangi risiko penularan infeksi menuar seksual, hingga mencegah terjadinya kanker penis pada berbagai penelitian. Terbukti penis laki –laki yang disunat lebih higienis. Apa saja persyaratan sah dalam melakukan khitan,,,,Dalam kitab-kitab fikih tidak ditemui persyaratan sah dalam khitan secara eskplisit,akan tetapi terdapat cara dalam khitan tersendiri. Sebagaimana pendapat ulama bahwasanya khitan itu wajib dilaksanakan setelah baligh (dewasa). Namun, pelaksanaannya juga sunah dilakukan pada saat bayi berumur tujuh hari dari kelahirannya, terkecuali keadaan bayi tersebut lemah yang dikhawatirkan akan berdampak buruk padanya, maka pelaksanaannya bisa ditunda sampai ia dewasa
Sekilas tentang manfaat dari sunat atau khitan,,,
Manfaat sunat atau khitan dipandang dari segi medis antara lain :
1. Penis lebih mudah dibersihkan.
2. Memperkecil peluang anak terkena infeksi saluran kemih.
3. Mencegah terjadinya masalah-masalah penis lainnya, misalnya fimosis
maupun peradangan pada kepala penis.
4. Menurunkan risiko terkena penyakit seksual menular seperti HIV.
5. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Kanker penis adalah penyakit
langka, tapi data membuktikan bahwa penyakit ini jarang menyerang pria
yang sudah disunat.

 

SUNAT TAK SELALU KHITAN DOANG.
Sunat / khitan tidak hanya sekedar memotong kulup doang dan selesai… bukan itu dan tidak seperti itu, perlu perpaduan banyak hal, perlu banyak ramuan untuk menghasilkan sebuah sunat yang modern dan nyaman bagi anak.
Dalam sunat modern ada knowledge, ada skil, ada art, ada psikologi.. perpaduan dari banyak hal diatas tersebut barulah di katakana sunat yang sebenarnya, tidak asal khitan doang.. mari kita kupas satu persatu apa itu sunat tak selalu khitan doang.

1.KNOWLEDGE ( ilmu pengetahuan )
Seorang dokter sunat atau praktisi khitan harus berbekal diri ilmu pengetahuan tentang sunat dari awal sampai selesai,mulai dari anastesi sampai cutting hecting atau sampai selesai nya prosesi khitan. Dasar sebuah ilmu sunat harus memahami anatomis penis, karna area operasional adalah penis, paling tidak itu.kita harus memahami dulu tentang anatomis nya, setelah itu dokter sunat atau praktisi sunat barulah melangkah ke karakteristik penis, karna penis anak satu dengan yang lainnya tidaklah selalu sama. Ada beberapa penyulit prosesi khitan, misal sunat gemuk, sunat autis, sunat webbed penis, sunat fimosis, sunat parafimosis, mikro penis dll dll.
Dan masing masing penyulit pun tidaklah sama penanganan nya.paling tidak paham dulu dari masing masing karakteristik nya.
Tehnik bius, seorang dokter khitan atau praktisi sunat harus paham area mana yang harus di masukkan bius dan seberapa banyak harus di masukkan obat bius nya, tidak asal titik, setelah memahami titik nya perlu pengetahuan jenis bius nya, harus paham dari masing masing sifat dari obat bius. Ada pehacain, ada lidocain, ada vopicain, dll dll. Perlunya sebuah ilmu pengetahuan untuk memahami karakteristik dari masing masing obat bius. Bagaimana sifat kerjanya, bagaimana durasi nya dll dll.
Sorang dokter sunat atau praktisi khitan harus mempunyai ilmu dan tehnik sunat yang mumpuni, banyak seminar dan kursus tentang sunat modern, untuk mengasah dan memperdalam pengetahuan haruslah selalu upgrade ilmu, baik lewat seminar workshop maupun diskusi atau mencari grup sunat.

2. SKIL ( ketrampilan )
Setelah memahami tentang ilmu pengetahuan, bekal selanjutnya adalah mengasah ketrampilan atau skil di pertajam. Sebuah sunat tidak hanya matang di teori, kemampuan melakukan sebuah tindakan harus selalu di latih dan di latih untuk mencapai in nya masing masing. Mempertajam kemampuan bisa di lakukan dengan selalu sharing atau diskusi dengan sesama praktisi khitan, diskusikan hasil sunat masing masing untuk saling bertukar pikiran. Masuk ke komunitas yang khusus sunat, era digital seperti sekarang ini semakin memudahkan untuk membentuk komunitas sunat, misal ASDOKI asosiasi dokter khitan Indonesia merupakan komunitas para dokter yang seminat tentang dunia perkhitanan. Di grup komunitas asdoki tidak hanya membahas tentang bagaimana sunat saja, ada ilmu marketing, ada trik intrik bagaimana memajukan sebuah rumah sunat untuk dijadikan company atau perusahaan. Komunitas besar di Indonesia yang lain adalah KHITAN NUSANTARA.
Sebuah komunitas dari ujung aceh sampai ujung timur Indonesia ada di dalamnya. Sebuah komunitas yang kaya akan semau rahasia yang sunat tidak melulu khitan doang, ada banyak hal yang kadang di luar dugaan pakem nya ilmu sunat medis.

3. ART ( seni )
Sunat tak selalu khitan doang. Seni berkhitan inilah yang kadang terlupakan. Sunat tidak hnya sebatas memotong kulup, ada cita rasa seni yang besar bermain pada proses sunat modern yang sesungguhnya. Bagaimana sebuah kreasi seorang dokter sunat untuk menciptakan hasil prsesisi yang sempurna, rapi dan proporsional di pandang mata. Dibutuhkan seni kreasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang nyaman bagi anak sejak prosesi hingga selesainya sunat. Mulai dari pemilihan bius , seorang praktisi khitan menciptakan komposisi yang pas untuk bius nya, perpaduan anata lodocain, pehacain, vopicain.. diramu prosentasenya untuk menghasilkan bius yang nyaman dan aman. Ada yang berkreasi di encerkan dengan larutan tertentu sehingga ketika masuk ke area bius tidak terasa panas. Itu bagian dari seni bius.
Seni pendekatan anak sebelum dilakukan tindakan amatlah penting sekali, anak berontak nangis akan kacau dalam planning pelaksanaan proses khitan. Seni kreasi selanjutnya adalah bagaimana menciptakan hasil khitan yang optimal, hasil bagus dan presisi. Semua tindakan dari awal sampai akhir seni amatlah di perlukan.

4. PSIKOLOGI
Anak yang akan disunat bukanlah manekin atau boneka yang hanya diam dan manut apa yang di instruksikan dokter sunat nya, perlu pendekatan psikologis. Seorang dokter sunat harus menyelamiapa yang dirasakan anak yang akan disunat. Perasaan takut dan was was pasti akan dialami, apalagi yeng mengalami trauma akibat di takut takuti temannya menjadikan sebuah ketakutan yang luar biasa. Pada saat keadaan seperti inilah peran psikologis sangat di butuhkan. Pendekatan untuk meyakinkan bahwa sunat tidak lah sesakit apa yang dibayangkan. Ada pengembangan ilmu hypnotis untuk kenyamanan anak. Ada juga trik anak disuruh main game untuk mengalihkan perhatian sunat nya.kreatifitas dokter sunat diperlukan sekali untuk pendekatan psikologis anak.

KESIMPULAN
Sunat tak selalu khitan doang..
Ya karna dalam ilmu sunat haruslah menguasai berbagai aspek pendukung, harus punya ilmu pengetahuan dan ilmu anatomi penis, harus selalu mengasah ketrampilan, ada perasaan seni di situ, ada pendekatan secara personal dengan anak yang akan di sunat.
Ingat sunat tidak hanya memotong kulup doang.

Rumah sunat semarang
Nogososro 34 tlogosari
081.6699.761

www.sunatsemarang.com
www.sunatindonesia.com
www.infosunatsemarang.com
www.dokterpras.com
www.infokhitan.com

Please follow and like us:

Leave a Comment