Pertumbuhan seorang anak sangat di pengaruhi oleh hormon pertumbuhan Growth Hormon. Seorang anak terutama laki-laki akan mengalami 2 fase pertumbuhan cepat yaitu saat hormone pertumbuhan (growth gormon) di produksi dalam jumlah yang banyak yaitu saat sekitar usia 7-8 tahun dan saat pubertas sampai sekitar usia 20 tahun.

Salah satu efek dari peningkatan hormon pertumbuhan (growth hormon) ini terhadap seorang anak adalah seorang anak tersebut akan mengalami pertumbuhan organ-organ tubuhnya terutama organ gerak, sehingga seorang anak akan bertambah tinggi atau lebih besar.

Secara khusus tidak ada hubungan atau pengaruh antara sunat dengan pertumbuhan anak. Di masyarakat jawa terutama semarang banyak mitos-mitos mengenai sunat. Dikatakan kalau sunat bisa menyebabkan seorang anak akan cepat tumbuh atau cepat besar. Dan bila disunat saat anak masih bayi atau kecil bisa mengganggu pertumbuhannya. Secara medis tidak ada hubungan sama sekali antara sunat dengan pertumbuhan anak. Karena sunat merupakan suatu tindakan membuang sebagian atau seluruh kulit penutup penis atau kulup. Sedangkan pertumbuhan seorang anak sangat dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan atau growth hormone. Bahkan bila seorang anak yang mengalami gangguan buang air kecil bila tidak segera disunat akan menyebabkan pertumbuhan anak terganggu karena biasanya sering mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi pada kemaluan.

bila hal itu terjadi bisa di konsultasikan dahulu dengan dokter, di rumah sunat semarang kita melayani sunat bayi.

hubungi : 0816699761

Please follow and like us:

Leave a Comment